LEMBAR KERJA SISWA
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas /
Semester : X/1
Tempat :
Laboratorium
Standar
Kompetensi :
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan
penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar :
2.2 Membuktikan dan
mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum
dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan
perhitungan kimia
Indikator :
· Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
· Menghitung
molaritas pengenceran larutan
Tujuan Pembelajaran
Afektif
Siswa memiliki sikap:
1.
Keberanian mengemukakan pendapat
2.
Bekerja sama
3.
Menghargai pendapat orang lain
Psikomotor
Siswa mampu:
1.
Melakukan pengamatan visual dan menggunakan hasil pengamatan
2.
Mempresentasikan hasil diskusi
Kognitif
Siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan konsep moralitas
2.
Menuliskan hubungan mol, Ar atau Mr, volume dengan molaritas zat terlarut
3.
Menghitung molaritas zat terlarut
4.
Menghitung molaritas larutan
hasil pengenceran
Petunjuk kerja :
Mol
zat terlarut
Satuan jumlah partikel
dinyatakan dengan mol. Jumlah mol terkait dengan massa zat dan massa atom
relatif (Ar) suatu unsur atau massa molekul relatif (Mr) bila zat tersebut
merupakan senyawa. Zat-zat yang dapat terlarut dalam suatu pelarut tertentu
bila dicampurkan dengan pelarutnya memiliki jumlah zat terlarut yang
bervariasi. Gula bila dilarutkan dalam air dapat membentuk larutan yang encer
(agak manis) atau pekat (sangat manis). Zat berwarna bila dilarutakan dalam air
tentu akan membentuk larutan berwarna yang kepekatan warnanya berbeda
berdasarkan banyaknya mol zat terlarutnya. Larutan memiliki volume tertentu. Rasa
manis atau warna larutan dapat beruba bila ditambahkan pelarut yang tidak
berwarna. Apakah terdapat keterkaitan volume dan jumlah zat terlarut? Bagaimana
cara mengungkapkan kepekatan zat terlarut dalam suatu larutan?
Kegiatan:
Amati demonstrasi Guru yang
memperlihatkan 3 tabung reaksi larutan CuSO4 dengan warna yang
semakin pekat pada volume yang sama. Amati pula demonstrasi Guru yang
memperlihatkan 3 tabung reaksi larutan CuSO4 (Mr=160) dengan warna
yang sama dan volume sama kemudian 2 tabung ditambahkan pelarut hingga menjadi
2 kali dan 3 kali volume semula. Jawablah pertanyaan
berikut:
1.
Bagaimana perubahan jumlah mol 3 tabung reaksi pertama
(larutan 3, 2, dan 1). Diskusikan bersama teman sekelompok.
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
2. Bagaimana perubahan
warna (kepekatan) larutan dengan jumlah mol zat terlarut yang semakin banyak?
…………………………………………………………………………………
3. Bagaimana
perbandingan perubahan warna (kepekatan) larutan dengan jumlah mol zat terlarut
yang semakin banyak?
…………………………………………………………………………………
4. Bila kepekatan
warna dinyatakan dengan K, tuliskanlah pernyataan secara matematis perbandingan
K dengan jumlah mol (n) zat terlarut.
………………………………………………………………………………….
5. Amati perubahan
warna pada pengenceran (larutan 4, 5, 6). Bagaimana perubahan warna (kepekatan)
larutan dengan volume yang semakin besar?
…………………………………………………………………………………
6. Bagaimana
perbandingan perubahan warna (kepekatan) larutan dengan volume larutan yang
semakin besar?
…………………………………………………………………………………
7. Bila kepekatan
warna dinyatakan dengan K, tuliskanlah pernyataan secara matematis perbandingan
K dengan volume (Ve) larutan.
………………………………………………………………………………….
Tuliskan hubungan K, n dan Ve . Jawab
……………………………………...
8. Amati untuk larutan
berwarna dengan volume berbeda dan warna berbeda setelah pengenceran (larutan
4, 5, 6). Besaran apa yang sama dari kedua atau ketiga larutan tersebut?
………………………………………………………………………………….
9. Bila kepekatan
larutan pertama K1 dan kepekatan larutan kedua K2, volume
larutan pertama dan kedua masing-masing Ve1 dan Ve2.
Tuliskanlah hubungan kepekatan larutan pertama dengan larutan kedua berdasarkan
kesamaan besaran pada kegiatan 8.
………………………………………………………………………………….
Kesimpulan:
Hubungan jumlah mol (n),
kepekatan (K), dan volume larutan (Ve) adalah ……..
Hubungan kepekatan (K) dan
volume larutan zat sebelum dan sesudah pengenceran adalah ……..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar