Polling "Mohon Pilih dengan Klik Lingkaran"

Mohon bagi anda yang telah mengikuti Ujian Nasional SMA/MAN, atau SMK untuk wilayah Bintan dan Tanjungpinang untuk mengisi Poling ini. Hasil polling ini sangat bermanfaat bagi kami. terima Kasih

Sabtu, 05 Januari 2013

Contoh Lembar Kerja Siswa Belajar Penemuan Konsentrasi Larutan

LEMBAR KERJA SISWA
Mata Pelajaran          : Kimia
Kelas / Semester        : X/1
Tempat                       : Laboratorium
Standar Kompetensi :
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar     :
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

Indikator                    :
·      Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
·      Menghitung molaritas  pengenceran larutan

Tujuan Pembelajaran
Afektif
Siswa memiliki sikap:
1.    Keberanian mengemukakan pendapat
2.    Bekerja sama
3.    Menghargai pendapat orang lain
Psikomotor
Siswa mampu:
1.    Melakukan pengamatan visual dan menggunakan hasil pengamatan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi
Kognitif
Siswa dapat:
1.    Mendeskripsikan konsep moralitas
2.    Menuliskan hubungan mol, Ar atau Mr, volume dengan molaritas zat terlarut
3.    Menghitung molaritas zat terlarut
4.    Menghitung molaritas larutan hasil pengenceran
Petunjuk kerja          :
Mol zat terlarut
Satuan jumlah partikel dinyatakan dengan mol. Jumlah mol terkait dengan massa zat dan massa atom relatif (Ar) suatu unsur atau massa molekul relatif (Mr) bila zat tersebut merupakan senyawa. Zat-zat yang dapat terlarut dalam suatu pelarut tertentu bila dicampurkan dengan pelarutnya memiliki jumlah zat terlarut yang bervariasi. Gula bila dilarutkan dalam air dapat membentuk larutan yang encer (agak manis) atau pekat (sangat manis). Zat berwarna bila dilarutakan dalam air tentu akan membentuk larutan berwarna yang kepekatan warnanya berbeda berdasarkan banyaknya mol zat terlarutnya. Larutan memiliki volume tertentu. Rasa manis atau warna larutan dapat beruba bila ditambahkan pelarut yang tidak berwarna. Apakah terdapat keterkaitan volume dan jumlah zat terlarut? Bagaimana cara mengungkapkan kepekatan zat terlarut dalam suatu larutan?
Kegiatan:
Amati demonstrasi Guru yang memperlihatkan 3 tabung reaksi larutan CuSO4 dengan warna yang semakin pekat pada volume yang sama. Amati pula demonstrasi Guru yang memperlihatkan 3 tabung reaksi larutan CuSO4 (Mr=160) dengan warna yang sama dan volume sama kemudian 2 tabung ditambahkan pelarut hingga menjadi 2 kali dan 3 kali volume semula. Jawablah pertanyaan berikut:
1.      Bagaimana perubahan jumlah mol 3 tabung reaksi pertama (larutan 3, 2, dan 1). Diskusikan bersama teman sekelompok.
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………

2.      Bagaimana perubahan warna (kepekatan) larutan dengan jumlah mol zat terlarut yang semakin banyak?
…………………………………………………………………………………

3.      Bagaimana perbandingan perubahan warna (kepekatan) larutan dengan jumlah mol zat terlarut yang semakin banyak?
…………………………………………………………………………………

4.      Bila kepekatan warna dinyatakan dengan K, tuliskanlah pernyataan secara matematis perbandingan K dengan jumlah mol (n) zat terlarut.
………………………………………………………………………………….

5.      Amati perubahan warna pada pengenceran (larutan 4, 5, 6). Bagaimana perubahan warna (kepekatan) larutan dengan volume yang semakin besar?
…………………………………………………………………………………

6.      Bagaimana perbandingan perubahan warna (kepekatan) larutan dengan volume larutan yang semakin besar?
…………………………………………………………………………………

7.      Bila kepekatan warna dinyatakan dengan K, tuliskanlah pernyataan secara matematis perbandingan K dengan volume (Ve) larutan.
………………………………………………………………………………….
Tuliskan hubungan K, n dan Ve . Jawab ……………………………………...

8.      Amati untuk larutan berwarna dengan volume berbeda dan warna berbeda setelah pengenceran (larutan 4, 5, 6). Besaran apa yang sama dari kedua atau ketiga larutan tersebut?
………………………………………………………………………………….

9.      Bila kepekatan larutan pertama K1 dan kepekatan larutan kedua K2, volume larutan pertama dan kedua masing-masing Ve1 dan Ve2. Tuliskanlah hubungan kepekatan larutan pertama dengan larutan kedua berdasarkan kesamaan besaran pada kegiatan 8.
………………………………………………………………………………….
Kesimpulan:
Hubungan jumlah mol (n), kepekatan (K), dan volume larutan (Ve) adalah ……..
Hubungan kepekatan (K) dan volume larutan zat sebelum dan sesudah pengenceran adalah ……..



Tidak ada komentar:

Loading...

AriKhemist Headline Animator

Pembelajaran Sifat Koloid

Tujuan pembuatan web site ini adalah untuk mempermudah siswa dalam memahami sifat-sifat koloid. Dalam web site ini sudah ditampilkan beberapa animasi yang diharapkan mampu memperdalam pemahaman siswa, khususnya mengenai sifat-sifat koloid. Selain itu, dalam web ini juga ditampilkan latihan soal dan tes evaluasi yang dapat menambah kemantapan siswa dalam menguasai sifat-sifat koloid. di http://kartikachem.blogspot.com/Klik

Belajar Zat Aditif

Zat aditif makanan: pemanis, pewarna, pengawet, penyedap, http://ema-zataditif.blogspot.com

My Headlines