RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )
Nama Sekolah :
SMA
Mata Pelajaran :
Kimia
Kelas/Semester :
X/1
Pertemuan ke :
2 (satu)
Alokasi Waktu :
35 Menit
Standar Kompetensi
:
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan
penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar :
2.2 Membuktikan dan
mengkomunikasikan berlakunya hukum-hukum
dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan
perhitungan kimia
Indikator :
· Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
· Menghitung
molaritas pengenceran larutan
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Afektif
Siswa memiliki sikap:
1. Keberanian
mengemukakan pendapat
2. Bekerja
sama (Diskusi)
Psikomotor
Siswa mampu:
1.
Melakukan pengamatan visual dan menggunakan hasil pengamatan
2. Mempresentasikan
hasil diskusi
Kognitif
Siswa dapat:
1. Mendeskripsikan
konsep molaritas
2.
Menuliskan hubungan mol, volume dengan molaritas zat terlarut
3. Menghitung
molaritas zat terlarut
4. Menghitung
molaritas larutan hasil pengenceran
II.
MATERI PEMBELAJARAN
Konsentrasi
larutan
· Molaritas
larutan
· Pengenceran
III.
MODEL PEMBELAJARAN
Model:
Pembelajaran Kooperatif tipe STAD
IV.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.
Pendahuluan (5
menit)
a.
Prasyarat /
Apersepsi :
Mengungkap kembali
pengetahuan siswa tentang mol hubunganya dengan Ar atau Mr. Mengingat kembali
ungkapan hubungan perbandingan terbalik dan lurus antara dua variabel secara
matematis.
b.
Motivasi:
Memperlihatkan
larutan berwarna CuSO4 dan kemungkinan hal-hal yang dapat diungkap
berdasarkan pengamatan warna larutannya.
2.
Kegiatan Inti (25
menit):
Fase
1 : ( 1 menit)
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran tentang
molaritas dan pengenceran
Fase 2 : (5 menit)
Guru memperlihatkan 3 tabung larutan CuSO4 yang
semakin pekat dan 3 tabung larutan dengan kepekatan dan volume yang sama serta
mengencerkan 3 tabung terakhir menjadi 2 kali dan 3 kali volume semula.
Fase 3: (1 menit)
Guru membagi kelompok diskusi yang terdiri 4-5 orang
(Kelompok molaritas dan kelompok Pengenceran) dan membagikan LKS.
Fase 4: (5 menit)
Guru mengarahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan hubungan
molaritas larutan dengan jumlah mol zat terlarut beserta volumenya dan hubungan
molaritas dan volume larutan sebelum dengan sesudah pengenceran kemudian
mempresentasikanya untuk tiap kelompok melalui perwakilan kelompok.
Fase 5: (10 menit)
Guru mengobservasi kegiatan diskusi kelompok dan hasil
diskusi kelompok dengan menggunakan kriteria penilaian dan melakukan tes.
Fase 6: (Penghargaan) (5 menit)
Guru menghitung dan menginformasikan kelompok yang
memperoleh skor maksimal pada aktivitas diskusi dan presentasi, serta kepada
kelompok terbaik diberi pena untuk masing-masing siswa.
3. Penutup (5 menit)
Guru merangkum hasil diskusi dan presentasi siswa tentang molaritas dan
pengenceran. Guru
memberikan tindak lanjut dan tugas rumah.
V.
ALAT, SUMBER BELAJAR, DAN BAHAN
Alat
Tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas ukur dan botol
semprot
Sumber belajar
Ebbing, D.
(1996). General Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Purba, M. (2006). Kimia untuk SMA Kelas XI.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Bahan
Lembar Kerja
Siswa; larutan
CuSO4
dan air
VI.
PENILAIAN
Jenis tagihan
Tugas kelompok,
Ulangan
Bentuk instrumen
· Tes tertulis
· Performans (kinerja dan
sikap)
· Laporan tertulis: Lembar Kerja Siswa
Rubrik penilaian
No
|
Aspek
|
Skor
|
A
|
Afektif
(Aktivitas diskusi kelompok)
|
|
|
1.
Seluruh anggota kelompok aktif berdiskusi
|
4
|
|
2.
Hanya sebagian besar anggota kelompok aktif berdiskusi
|
3
|
|
3.
Sebagian kecil anggota kelompok berdiskusi
|
2
|
|
4.
Tidak terjadi
diskusi
|
1
|
B
|
Kognitif
|
|
|
1.
Presentasi hasil diskusi disajikan
dengan jelas, tepat dan mudah dimengerti
|
4
|
|
2.
Presentasi hasil diskusi disajikan
kurang jelas, tepat, dan masih dapat dimengerti
|
3
|
|
3.
Presentasi hasil diskusi disajikan
kurang jelas, kurang tepat, dan sulit dimengerti
|
2
|
|
4.
Presentasi hasil diskusi disajikan
kurang jelas, tidak tepat, dan tidak dapat dimengerti
|
1
|
Guru
melakukan tes.
Soal
Tes:
1. Molaritas
adalah …?
2.
Tuliskanlah hubungan Molarotas, mol, dan volume suatu larutan.
3.
Hitung molaritas 4 gr NaOH yang dilarutkan dengan air menjadi larutan
sebanyak 10 ml
4.
Hitung jumlah mol zat terlarut dalam 5 ml larutan CuSO4 0,5 M
5.
Berapa volume air yang harus ditambahkan agar 10 ml larutan HCl 0,25 M
menjadi 0,1 M?
VII. KUNCI LATIHAN
1.
Molaritas adalah jumlah mol zat telarut dalam setiap liter larutan
2.
M = n/V; M=Molaritas, n=jumlah mol zat terlarut dan V = volume larutan.
3. 0,01
M
4. 393
mg
5. 15
ml
2 komentar:
Selamat pagi Pak Ari. bagaimana kabarnya. Boleh pake rpp nya ya
Iwan Rosadi
boleh, smg sehat sll
Posting Komentar