Sabtu, 05 Januari 2013

RPP Model Pembelajaran Kooperatif Penemuan Konsentrasi Larutan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP )

Nama Sekolah             : SMA
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/Semester            : X/1
Pertemuan ke              : 2 (satu)
Alokasi Waktu            : 35 Menit
Standar Kompetensi   :
2. Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)
Kompetensi Dasar       :
2.2 Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia

Indikator                     :
·      Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
·      Menghitung molaritas  pengenceran larutan

I.         TUJUAN PEMBELAJARAN
Afektif
Siswa memiliki sikap:
1.    Keberanian mengemukakan pendapat
2.    Bekerja sama (Diskusi)
Psikomotor
Siswa mampu:
1.    Melakukan pengamatan visual dan menggunakan hasil pengamatan
2.    Mempresentasikan hasil diskusi
Kognitif
Siswa dapat:
1.    Mendeskripsikan konsep molaritas
2.    Menuliskan hubungan mol, volume dengan molaritas zat terlarut
3.    Menghitung molaritas zat terlarut
4.    Menghitung molaritas larutan hasil pengenceran

II.      MATERI PEMBELAJARAN
Konsentrasi larutan
·      Molaritas larutan
·      Pengenceran

III.   MODEL PEMBELAJARAN
Model: Pembelajaran Kooperatif tipe STAD

IV.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pendahuluan (5 menit)
a.             Prasyarat / Apersepsi :
Mengungkap kembali pengetahuan siswa tentang mol hubunganya dengan Ar atau Mr. Mengingat kembali ungkapan hubungan perbandingan terbalik dan lurus antara dua variabel secara matematis.
b.             Motivasi:
Memperlihatkan larutan berwarna CuSO4 dan kemungkinan hal-hal yang dapat diungkap berdasarkan pengamatan warna larutannya.

2.      Kegiatan Inti (25 menit):
Fase 1 : ( 1 menit)
Guru menginformasikan tujuan pembelajaran tentang molaritas dan pengenceran

Fase 2  :  (5 menit)
Guru memperlihatkan 3 tabung larutan CuSO4 yang semakin pekat dan 3 tabung larutan dengan kepekatan dan volume yang sama serta mengencerkan 3 tabung terakhir menjadi 2 kali dan 3 kali volume semula.

Fase 3: (1 menit)
Guru membagi kelompok diskusi yang terdiri 4-5 orang (Kelompok molaritas dan kelompok Pengenceran) dan membagikan LKS.

Fase 4: (5 menit)
Guru mengarahkan tiap kelompok untuk mendiskusikan hubungan molaritas larutan dengan jumlah mol zat terlarut beserta volumenya dan hubungan molaritas dan volume larutan sebelum dengan sesudah pengenceran kemudian mempresentasikanya untuk tiap kelompok melalui perwakilan kelompok.

Fase 5: (10 menit)
Guru mengobservasi kegiatan diskusi kelompok dan hasil diskusi kelompok dengan menggunakan kriteria penilaian dan melakukan tes.

Fase 6: (Penghargaan) (5 menit)
Guru menghitung dan menginformasikan kelompok yang memperoleh skor maksimal pada aktivitas diskusi dan presentasi, serta kepada kelompok terbaik diberi pena untuk masing-masing siswa.

3. Penutup (5 menit)
Guru merangkum hasil diskusi dan presentasi siswa tentang molaritas dan pengenceran. Guru memberikan tindak lanjut dan tugas rumah.

V.      ALAT, SUMBER BELAJAR, DAN BAHAN

Alat
Tabung reaksi, rak tabung reaksi, gelas ukur dan botol semprot

Sumber belajar
Ebbing, D. (1996). General Chemistry. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Purba, M. (2006). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bahan
Lembar Kerja Siswa;  larutan CuSO4  dan air
VI.   PENILAIAN
Jenis tagihan
Tugas kelompok,
Ulangan

Bentuk instrumen
·      Tes tertulis
·      Performans (kinerja dan sikap)
·      Laporan tertulis: Lembar Kerja Siswa
Rubrik penilaian
No
Aspek
Skor
A
Afektif (Aktivitas diskusi kelompok)


1.    Seluruh anggota kelompok aktif berdiskusi
4

2.    Hanya sebagian besar anggota kelompok aktif berdiskusi
3

3.    Sebagian kecil anggota kelompok berdiskusi
2

4.    Tidak terjadi diskusi
1
B
Kognitif


1.    Presentasi hasil diskusi  disajikan dengan jelas, tepat dan mudah dimengerti
4

2.    Presentasi hasil diskusi  disajikan kurang jelas, tepat, dan masih dapat dimengerti
3

3.    Presentasi hasil diskusi  disajikan kurang jelas, kurang tepat, dan sulit dimengerti
2

4.    Presentasi hasil diskusi  disajikan kurang jelas, tidak tepat, dan tidak dapat dimengerti
1

Guru melakukan tes.
Soal Tes:
1.      Molaritas adalah …?
2.      Tuliskanlah hubungan Molarotas, mol, dan volume suatu larutan.
3.      Hitung molaritas 4 gr NaOH yang dilarutkan dengan air menjadi larutan sebanyak 10 ml
4.      Hitung jumlah mol zat terlarut dalam 5 ml larutan CuSO4 0,5 M
5.      Berapa volume air yang harus ditambahkan agar 10 ml larutan HCl 0,25 M menjadi 0,1 M?
VII. KUNCI LATIHAN

1.      Molaritas adalah jumlah mol zat telarut dalam setiap liter larutan
2.      M = n/V; M=Molaritas, n=jumlah mol zat terlarut dan V = volume larutan.
3.      0,01 M
4.      393 mg
5.      15 ml

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat pagi Pak Ari. bagaimana kabarnya. Boleh pake rpp nya ya

Iwan Rosadi

A Basuki mengatakan...

boleh, smg sehat sll

AriKhemist Headline Animator

My Headlines